Rabu, 03 Mei 2023

SMA Jurusan IPA dan SMK Bisa Kuliah di PKN STAN?


Seperti kita tahu bahwa PKN STAN adalah sekolah kedinasan yang mempelajari ilmu-ilmu ekonomi keuangan seperti akuntansi, anggaran, perbendaharaan negara, dan perpajakan dengan tujuan membentuk pegawai negeri sipil yang siap ditempatkan di instansi pemerinah untuk mengurusi keuangan negara.

Dengan materi-materi seperti itu, pasti temen-temen banyak bertanya ya apakah bisa kuliah di PKN STAN tapi latar belakang kita adalah dari SMA jurusan IPA atau dari SMK dengan jurusan tata boga misalnya..

Jawabannya adalah bisa, karena syarat pendaftar PKN STAN tidak mengharuskan berasal dari jurusan apa, semua jurusan di jenjang SMA atau SMK bisa mendaftar asalkan memenuhi persyaratan seperti minimal dan maksimal umur dan nilai raport yang minimal nilai rata-ratanya 7,0 selama kelas 9 s.d. kelas 12 (infromasi dan syarat pendaftaran bisa pantengin website: http://pknstan.ac.id)

Lalu yang jadi pertanyaan lagi, kalau kita gak punya basic ilmu ekonomi, apakah bisa mengikuti pembelajaran yang ada di PKN STAN?
Tenang selama kuliah disana kita akan belajar dari awal alias dari dasar banget materi-materi kuliahnya, misalnya kita akan belajar pengantar akuntansi, pengantar ilmu ekonomi, pengantar ilmu hukum dan banyak pengantar-pengantar lainnya.

Dulu ketika saya mulai kuliah di tahun 2013, sebagian besar mahasiswa di kelas saya merupakan lulusan dari SMA jurusan IPA lho. Dari 33 orang, sekitar 90%nya berasal dari SMA IPA.

Jadi kalau temen-temen dari jurusan SMA IPA atau SMK non akuntansi jangan ragu untuk mendaftar ya, yang penting persiapkan ujiannya dengan sebaik mungkin..

0 $type={blogger}:

Posting Komentar