Selasa, 16 Mei 2023

Apa Perbedaan STAN dan PKN STAN?



Buat temen-temen yang lagi pingin nyari kuliah, pasti pernah kepikiran ya untuk kuliah di STAN, ada juga orang tua, saudara, atau tetangganya yang nyaranin kuliah di STAN. Kebanyakan mereka bilang: "kuliah di STAN aja, lulus langsung kerja", "coba deh kuliah di STAN aja, sekolah kedinasan gratis gak usah mikirin biaya semester", dsb.

Tapi setelah temen-temen cari info di internet, kenapa ketemunya Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) ya, apa bedanya dengan STAN?

Untuk menjawab pertanyaan ini kita perlu tahu dahulu sejarah sekolah kedinasan ini, simak yuk.

Jadi di Kementerian Keuangan terdapat sekolah kedinasan yaitu sekolah yang biaya SPPnya dibebankan oleh APBN alis gratis, sekolah itu namanya sekarang Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN), nama PKN STAN ini adalah nama yang sekarang, dahulu namanya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

STAN sendiri sudah berdiri dari tahun 1952, dulu namanya Kursus Jabatan Ajun Akuntan, mulai pada tahun 1974 berubah namanya menjadi STAN kuliahnya di Kampus Purnawarman, mulai tahun 1988 baru pindah ke Kampus Bintaro.

Kemudian pada tahun 2015, Kemendikbud melakukan penataan sekolah-sekolah kedinasan yang ada di setiap Kementerian/Lembaga, salah satu kebijakan dari Kemendikbud tersebut adalah melakukan penyeragaman nama sekolah kedinasan dengan nama Politeknik, maka berubahlah nama STAN ini menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN, nama STAN ini tetap dimasukkan agar orang-orang mengetahui bahwa Politeknik Keuangan Negara ini adalah perubahan nama dari STAN, bukan sekolah yang baru. Pergantian nama ini juga dialami oleh STIS yang menjadi Politeknik Statistika STIS.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar