Rabu, 27 Mei 2020

Jurusan di PKN STAN, Keunggulan, dan Penempatan Kerjanya

| Rabu, 27 Mei 2020
Sebelum temen-temen memutuskan untuk mendaftar PKN STAN dan memilih jurusan dan program studinya, ada baiknya cari-cari info dulu, disini saya coba kasih kisi-kisinya ya:

1. Akuntasi

Di jurusan akuntansi ini ada program studi D3 Akuntansi, D3 Akuntasi Alih Program (AP), dan D4 Akuntansi AP (Alih Program adalah untuk mahasiswa tugas belajar yang sudah bekerja). Akuntansi merupakan jurusan dengan mahasiswa terbanyak di PKN STAN, satu tahunnya bisa menerima lebih dari 1000 orang lho.

Jurusan ini juga termasuk yang paling susah di kampus ini, dengan rasio DO terbanyak di antara jurusan yang lain dengan rasio sekitar 2-5%, tapi tenang kalau temen-temen belajar dengan rajin dan gak nyontek pasti bisa melewatinya. Anak akuntansi juga ini terkenal rajinnya lho, kalau gak rajin susah untuk lulus soalnya.

Di kampus ini anak akuntasi memakai tanda pengenal dengan kalung berwarna hijau dan himpunan mahasiswanya adalah Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himas).

Salah satu kelebihannya juga adalah mempunyai kesempatan penempatan yang beragam di berbagai instansi pemerintah. Di Kementerian Keuangan penempatanya bisa di Sekretariat Jenderal (Setjen), Inspektorat Jenderal (Itjen), Ditjen Pajak, Ditjen Bea dan Cukai, Ditjen Anggaran, Ditjen Perebendaharaan Negara, Ditjen Kekayaan Negara, Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Ditjen Pengelolaan dan Pembiayaan Resiko, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), Ditjen Perimbangan Keuangan, dan Lembaga National Single Window (LNSW). Ulasan mengenai instansi penempatan akan dibahas di postingan selanjutnya ya..

Penempatan di luar Kementerian Keuangan pun juga beragam bisa di Badan Pemeriksa Keungan (BPK), Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan masih banyak lagi..

2. Pajak

Terdiri dari program studi D3 Perpajakan, D3 Penilai (dahulu bernama D3 Pajak Bumi dan Bangunan), dan D1 Perpajakan, program D3 lama pendidikannya 3 tahun, sedangkan D1 adalah 1 tahun. 

Jurusan pajak mempunyai peminat pendaftar terbanyak setiap tahunnya (mungkin karena katanya gaji yang tinggi ya)

D3 dan D1 Perpajakan fokus mempelajari kegiatan perpajakan dengan sangat rinci terkait dengan proses bisnis perpajakan di Indonesia, sampai misal mengisi SPT Tahunan, belajar bagaimana melayani wajib pajak dengan baik dan sopan.

D3 Penilai mempelajari ilmu tentang bagaimana cara menghitung nilai dari bumi dan bangunan yang nantinya akan digunakan untuk menghitung kekayaan negara dan pajak-pajaknya. Jurusan ini seru lho sering studi di lapangan untuk menilai objek memakai alat pengukur jarak dengan motede nirkabel itu..

Proyeksi penempatan D3 dan D1 Perpajakan sebagian besar di Direktorat Jenderal Pajak, sedangkan D3 Penilai sebagian besar di Direktorat Jenderal Pajak dan Di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.


3. Kepabeanan dan Cukai

Jurusan ini terdiri dari D3 dan D1 Kepabeanan dan Cukai. Apa yang pertama kali terbayang oleh teman-teman mendengar jurusan ini? Pasti keren dan orang-orangnya gagah ya?, jawabnya kurang lebih seperti itu, jurusan ini mempunyai sistem pendidikan semi militer dan menanamkan jiwa korsa yang tinggi kepada setiap mahasiswanya

Mengurusi keuangan negara tapi kok ada pendidikan semi militernya ya? Yap kenapa begitu, karena memang fungsi DJBC yang merupakan instansi penempatan jurusan ini adalah salah satunya community protector yaitu melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang berbahaya yang diimpor dari luar negeri.

Tapi gak hanya pendidikan fisik saja ya, jurusan ini tentunya mempelajari kegiatan kepabeanan (impor, eskpor, fasilitas perdagangan) dan cukai yang merupakan instrumen pengendalian dan penerimaan negara barang-barang yang yang mempunyai eksternalitas negatif.

Penempatannya adalah di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, meskipun di angkatan saya ada 1 orang yang ditempatkan di Sektertariat Jenderal Kementerian Keuangan.

4. Manajemen Keuangan

Terdiri dari program studi D3 Manajemen Aset (dahulu bernama D3 Pengurusan Piutang dan Lelang Negara) dan D3 Kebendaharaan Negara.

D3 Manajemen Aset mempelajari manajemen barang milik negara dari mulai perencaan, pengelolaan, pencatatan, sampai dengan penghapusan.

D3 Kebendaharaan Negara mempelajari bagaiamana caranya mengelola kas negara untuk disalurkan ke instansi pemerintah di  seluruh Indonesia baik pusat maupun daerah.

Untuk penempatannya, D3 Manajemen Aset banyak ke Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, sedangkan D3 Kebendaharaan Negara sebagian besar ke Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara, di angkatan saya ada beberapa juga mahasiswa D3 Kebendaharaan Negara di tempatkan di Direktorat Jenderal Pajak.



Seperti itu ya temen-temen sekilas tentang jurusan-jurusan yang ada di PKN STAN.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar