Sabtu, 20 Mei 2023

Prospek Kerja Lulusan Akuntansi dengan Gaji Tinggi, Simak 5 Bidang Kerjanya




Akuntansi merupakan salah satu jurusan favorit lulusan SMA yang ingin mendaftar kuliah, hal ini karena keilmuan akuntansi pasti dibutuhkan oleh perusahaan yang berorientasi pada keuntungan, mulai dari perencanaan keuangan, manajemen keuangan perusahaan, pelaporan keuangan, sampai dengan audit/ pemeriksaan. Bahkan penulis pun merupakan lulusan akuntansi dari salah satu lembaga pendidikan milik pemerintah


Prospek kerja lulusan akuntansi pun beragam, berikut kami rangkum 5 prospek kerja lulusan akuntansi dengan gaji terbesar dan karir yang menjanjikan di Indonesia:


1. Konsultan Pajak


Konsultan pajak adalah orang atau badan hukum yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada perusahaan yang mempunyai kewajiban perpajakan di Indonesia. Jasa yang diberikan konsultan pajak pun bermacam-macam mulai dari pembuatan laporan keuangan, pendampingan pelaporan dan pembayaran pajak, pendampingan apabila wajib pajak diperiksa/ diaudit oleh Ditjen Pajak dan Bea Cukai, sampai penyelesaian sengketa pajak.


Intinya adalah konsultan pajak bertugas agar perusahaan yang memakai jasanya membayar pajak seminiminal mungkin kepada negara namun tetap mematuhi peraturan perpajakan yang ada di Indonesia.


Misal perusahaan A sedang dilakukan pemeriksaan oleh Ditjen Pajak, maka perusahaan bisa meminta bantuan konsultan pajak untuk menghadapi pemeriksaan tersebut dan menyiapkan dokumen-dokumen yang diminta. Pun setelah dilakukan pemeriksaan, Ditjen Pajak menerbitkan surat penagihan, maka konsultan pajak dengan mewakili perusahaan dapat mengajukan keberatan atau banding, biasanya apabila keberatan/ banding dimenangkan oleh Konsultan Pajak, maka ia mendapat succes fee dari perusahaan.


Gajinya pun tergolong besar, untuk freshgraduate bisa mendapatkan gaji 10-15jt perbulannya, untuk pengalaman kerja 10 tahun bisa mendapatkan 30-50jt perbulan, dan untuk level mendapatkan lebih dari 70jt perbulan. Disamping penghasilan per bulan, biasanya manajemen konsultan pajak akan memberikan bonus tahunan apabila mencapai target, tak main-main bonus tahunannya bisa sampai seharga mobil fortuner baru. wow


2. Kantor Akuntan Publik (KAP)


Kantor Akuntan Publik menyediakan jadi audit (external audit) kepada perusahaan untuk memeriksa laporan keuangannya, biasanya kliennya adalah perusahaan nasional dan multinasional atau perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia.


Ada banyak KAP di Indonesia, namun yang paling besar ada 4 KAP atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Big Four KAP, yaitu Ernst Pricewaterhouse Coopers (PwC), Ernst & Young (EY), Deloitte, dan KPMG.


Bekerja di KAP memberi kesempatan kita untuk mendapatkan penugasan ke luar kota untuk memeriksa pabrik yang ada di daerah (biasanya melakukan stock opname).


Gaji lulusan akuntansi yang bekerja di KAP terutama di Big Four mendapatkan gaji yang cukup besar, untuk freshgraduate bisa mendapatkan gaji 8-10jt, pengalaman 5 tahun 12-15jt, pengalaman 10-20 tahun 20-30jt, dan untuk level advance bisa lebih dari 50jt per bulan.


Gaji yang didapat sejalan dengan pekerjaan yang berat, kakak saya dahulu pernah bekerja di KAP, ia selalu pulang malam sampai pagi. wow bukan?


3. Pegawai Negeri Sipil


Menjadi PNS merupakan pilihan karir yang cukup menjajikkan dengan gaji yang cukup tinggi dan aman, mengapa aman karena untuk pemecatan/ pemberhentian PNS memerlukan prosedur yang cukup banyak.


Adapun lulusan akuntansi yang ingin bekerja menjadi PNS baiknya memilih instansi seperti Kementerian Keuangan, Pemda DKI, atau Badan Pemeriksa Keuangan, 3 institusi tersebut memberikan gaji yang cukup tinggi bagi pegawainya. Baca Gaji Pemda DKI Jakarta


Misal seorang lulusan freshgraduate S1 Akuntansi yang bekerja di Direktorat Jenderal Pajak sebagai pemeriksa pajak akan mendapatkan gaji sekitar 20 jt setiap bulannya, dan tentunya dengan pengalaman yang makin banyak, maka gaji akan naik setiap tahunnya. Untuk jabatan pemeriksa pajak dengan pengalaman kerja 20 tahun lebih akan mendapatkan gaji sekitar 40-45 juta perbulannya wow bukan?


4. Financial Analyst


Tugas seorang financial analyst adalah menganalisa data keuangan baik itu dari internal maupun eksternal untuk dijadikan bahan pengambilan keputusan pimpinan perusahaan. Selain menguasai akuntansi, skill yang diperlukan adalah terkait statistika dan data analytics.


Misal perusahaan akan memasarkan produk baru, financial analyst akan melakukan riset pasar apakah layak produk tersebut dipasarkan dan berapa harga yang sesuai.


Gajinya pun tergolong cukup tinggi, untuk lulusan fresh graduate mencapai 10-15 juta.


5. Perusahaan Multinasional


Bekerja di perusahaan multinasional memang impian banyak orang, begitu juga lulusan lulusan akuntansi, banyak benefit yang didapat diantaranya gaji yang tinggi, fasilitas yang lengkap, dan asuransi yang didapat.


Gaji yang didapat lulusan akuntansi pun untuk level freshgraduate bisa mencapaai 15jt rupiah per bulan, wow. Namun tentunya bekerja di perusahaan multinasional harus memilik kemampuan bahasa asing juga ya.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar