Sabtu, 27 Mei 2023

Prospek Kerja Lulusan Diploma 3


Disini saya ingin menulis pengalaman saya yang merupakan lulusan diploma yaitu D3 Akuntansi di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), alasan saya menulis ini adalah banyak yang bilang kalau lulusan D3 itu susah cari kerja, nanggung gak sekalian S1 aja, ah gaji lulusan D3 kecil, atau ada yang bilang juga nanti karirnya kurang bagus. Apa bener demikian?


Perbedaan mendasar antara pendidikan diploma dan sarjana adalah pada diploma kita diajarkan lebih banyak praktik dibandingkan teori, misal diploma akuntansi akan banyak mempelajari mengenai cara membuat laporan keuangan yang baik dan banyak mata kuliah praktik seperti laboratorium akuntansi atau laboratorium audit. Sedangkan di sarjana kita lebih banyak belajar teori daripada praktiknya, misal teori sistem pengendalian manajemen, rantai pasokan, dsb. Saya merupakan lulusan D3 Akuntansi dan lanjut S1 ekstensi makanya sedikit banyak mengerti perbedaannya.


Nah karena D3 lebih banyak mempelajari mengenai praktik maka kebutuhan pekerja D3 akan lebih banyak daripada lulusan sarjana, memang biasanya lulusan D3 diberi pekerjaan yang sifatnya administrasi atau klerikal, namun justru ini membuat kita lebih banyak mengerti suatu pekerjaan, dan apabila diberikan promosi kita akan lebih menguasai karena mengerti proses dari bawah. Buat sebuah hambatan menjadi peluang.


Kemudian terkait gaji, memang gaji yang diberikan untuk lulusan D3 biasanya lebih kecil daripada lulusan sarjana namun bisa menjadi lebih besar apabila kinerja kita lebih baik. Contoh saya di kantor lama karena dipercaya oleh atasan dan menguasai bidang pekerjaan saya, maka saya waktu itu lebih banyak diberi pekerjaan yang membutuhkan dinas luar kota atau lembur, dan pastinya diberikan honor lebih banyak juga. Jadi yang paling menentukan besar kecilnya gaji adalah performa dan kinerja kita.


Untuk urusan karir startnya mungkin lulusan D3 akan dibawah dari lulusan S1 ya namun jangan berkecil hati, lebih baik tunjukkan kinerja terbaik dan berikan lebih daripada yang diharapkan oleh pimpinan, maka urusan karir akan mengikuti. Lalu ada yang bertanya juga, tapi bang untuk bisa mencapai posisi X syaratnya harus sarjana, itu tidak jadi masalah menurut saya, karena banyak sekali universitas yang menawarkan program ekstensi sarjana dari lulusan D3, kuliahnya pun hanya 1 s.d. 2 tahun karena hanya melanjutkan kuliah dari D3 dan tidak perlu mengulang dari semester awal.


Sekian ulasan saya pribadi, intinya lowongan pekerjaan lulusan D3 akan lebih banyak daripada S1, jadi kemungkinan untuk bekerja lebih banyak, namun jangan risau apabila takut akan gaji kecil atau karir tidak meningkat. Selama kinerja kita baik dan selalu mengembangkan diri lebih baik maka karir akan mengikuti ke arah yang lebih baik juga.

0 $type={blogger}:

Posting Komentar